Ads 468x60px

Jumat, 24 Agustus 2012

Perbedaan antara UMTS, HSDPA dan EVDO

Seiring berkembangnya teknologi komunikasi data, maka banyak sekali istilah-istila seperti UMTS, HSDPA, HSUPA, EVDO dan lain masih banyak lagi. Maka saya akan mencoba menjelaskannya pada postingan kali ini.
HSDPA adalah singkatan dari High Speed Downlink Packet Access Pebedaan antara UMTS dengan HSDPA adalah pada kecepatan yang bisa dicapai. Kalau 3G (dibaca Tri Ji) artinya mendukung kecepatan UMTS (Universal Mobile Telecommunications System ) yang hanya bisa maksimum 384kbps. Sedangkan HSDPA secara teori bisa mencapai 3.6Mbps (hampir 10 kali lipat kecepatan maksimal UMTS), HSDPA sering disebut 3,5G (teknologi tiga setengah G) untuk membedakan dari standard 3G sebelumnya.
Teknolohi HSDPA memungkinkan adanya layanan video streaming, Internet akses yang cepat, dan konferensi video. HSDPA merupakan pengembangan dari jaringan W-CDMA yang sudah ada. Sebagai informasi, W-CDMA adalah nama teknologi GSM yang memungkinkan adanya teknologi 3G. Tujuan HSDPA, tak lain, adalah untuk meningkatkan kecepatan maksimal transfer data, kualitas pelayanan, dan efisiensi.
Perbedaan HSDPA dengan HSUPA?
HSDPA adalah singkatan dari High Speed Downlink Paket Access, yaitu kemampuan modem dalam mendownload file-file yang ada di internet ke komputer user/laptop.
Untuk HSUPA yaitu singkatan dari High Speed Upload Paket Access, yaitu kemampuan mengupload data dari komputer/laptop user ke internet. Contoh : kecepatan UPLOAD foto ke facebook, blog dan sebagainya.
EVDO yaitu singkatan dari Evolution Data Optimized yaitu teknologi dari jaringan CDMA.
Saat ini di Indonesia, EVDO terbagi 2 yaitu Rev O dan Rev A. Teknologi CDMA EVDO ini diyakini memiliki kecepatan dan tarif yang bersaing dengan GSM 3G HSDPA. Untuk teknologi EVDO sementara ini baru dapat dinikmati dengan layanan dari Fren dengan produk Mobinya dan operator SMART. Sedikit penjelasan tentang Tingkatan Kecepatan koneksi jaringan CDMA :
- Teknologi CDMA 1X memiliki kecepatan download maksimal 153 Kbps
- Teknologi EVDO Rev O kecepatan download maksimal 2.4 Mbps
- Teknologi EVDO Rev A memiliki kecepatan download maksimal 3.1 Mbps
Untuk kualitas dan kecepatan akses internet mana yg lebih baik dari Teknologi di atas? Jawabannya RELATIF. Karena sangat bergantung pada :
- Kepadatan pengguna pada daerah kita.
- Tangkapan signal di tempat kita
- Lokasi kita (apakah terhalang gedung , pohon dsb)
- Dan faktor dari operatornya itu sendiri

0 komentar: